Rabu, 16 Maret 2011

1102 DS NU ISIK-ISIK API

IPA

1 Disajikan gambar hewan/tumbuhan tertentu, siswa
dapat menjelaskan ciri khusus yang ada pada
hewan/tumbuhan tersebut.
2 Disajikan beberapa nama tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan tumbuhan/hewan
lain yang termasuk dalam kelompok itu.
3 Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat menentukan
cara perkembangbiakannya.
4 Siswa dapat menentukan ciri-ciri hewan berdasarkan
cara perkembangbiakannya.
5 Siswa dapat menentukan manfaat bagian dari tubuh
hewan/tumbuhan tertentu bagi manusia dan
lingkungannya.
6 Siswa dapat menjelaskan tujuan penggunaan bahan
tertentu dari hewan/tumbuhan di suatu daerah.
7 Siswa dapat menjelaskan pentingnya pelestarian
hewan/tumbuhan langka.
8 Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar.
9 Disajikan gambar alat indra beserta bagian-bagiannya,
siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk.
10 Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan
gambar.
11 Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa
dapat menentukan fungsi organ atau saluran
pencernaan yang ditandai.
12 Siswa dapat menentukan urutan sirkulasi aliran darah
pada salah satu sistem peredaran darah manusia
berdasarkan gambar.
13 Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada
tumbuhan.
14 Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan (gizi)
bagi kesehatan tubuh manusia.
15 Siswa dapat menjelaskan cara pencegahan penyakit
menular pada manusia.
16 Siswa dapat menentukan contoh bentuk hubungan
antara dua mahluk hidup (salah satu simbiosis).
17 Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok
dalam komunitas/ekosistem tertentu.
18 Siswa dapat menentukan peran makhluk hidup tertentu
dalam suatu ekosistem.
19 Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk/keadaan tubuh
hewan atau tumbuhan tertentu bagi kelangsungan
hidupnya.
20 Siswa dapat mengidentifikasi bentuk adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu untuk kelangsungan
hidupnya.
21 Siswa dapat menyebutkan contoh perubahan wujud
benda tertentu (mencair, membeku, menguap,
mengembun, menyublim).
22 Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan
perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
(mencair, membeku, menguap, mengembun,
menyublim).
23 Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu pada kegiatan tersebut.
24 Siswa dapat menyebutkan contoh perpindahan kalor
yang terjadi pada suatu kegiatan atau peristiwa dalam
kehidupan sehari-hari.
25 Siswa dapat menjelaskan pemanfaatan benda
konduktor atau isolator.
26 Disajikan gambar alat atau pernyataan yang berkaitan
dengan energi, siswa dapat mengidentifikasi bentuk
energi yang digunakan atau dihasilkan.
27 Disajikan gambar percobaan atau pernyataan yang
berkaitan dengan cahaya, siswa dapat menyebutkan
sifat-sifat cahaya.
28 Siswa dapat menyebutkan manfaat bunyi pantul dalam
kehidupan sehari-hari.
29 Disajikan gambar rangkaian listrik terdiri dari beberapa
lampu, siswa dapat menentukan lampu yang
menyala/tidak menyala jika salah satu lampu diputus.
30 Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi
alternatif.
31 Disajikan gambar atau pernyataan kegiatan tertentu,
siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap
gerak atau bentuk suatu benda.
32 Disajikan gambar tuas atau pengungkit, siswa dapat
menentukan letak beban atau kuasa atau titik tumpu.
33 Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai
untuk digunakan pada kegiatan tersebut.
34 Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara-
cara atau manfaat penghematan energi tertentu.
35 Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu
jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan
jenis sumber daya alam yang digunakan.
36 Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang
dapat merusak kelestarian sumber daya alam atau
dapat menentukan cara untuk melestarikan sumber
daya alam.
37 Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat
menjelaskan dampak yang ditimbulkannya.
38 Siswa dapat menentukan urutan tata letak atau ciri-ciri
planet dalam tata surya.
39 Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi.
40 Siswa dapat menyebutkan dasar perhitungan
penanggalan masehi atau komariah.

Tidak ada komentar: